Senin, 16 November 2009

Pelatih Persib Mulai Gelisah

Lima hari menjelang pertemuan dengan Pelita Jaya Karawang pada laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI( 2009/2010 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kab. Bandung, Sabtu (21/11) mendatang, pelatih Persib Bandung, Jaya Hartono mulai diliputi kegelisahan. Bahkan lantaran 7 pemain utamanya masih harus membela tim nasional Indonesia dan Thailand, hingga tiga hari menjelang laga, Jaya sudah meminta pengertian semua pihak bila hasil pertandingan tidak sesuai harapan.

"Hari ini (kemarin, red) Budi Sudarsono kembali dipanggil. Itu artinya, ada lima pemain kita di timnas. Ditambah dua pemain yang memperkuat timnas Thailand, berarti ada 7 pemain yang baru bisa bergabung dengan tim dua hari menjelang pertandingan. Padahal kecuali Hariono, semua pemain itu akan main lawan Pelita Jaya," katanya, usai memimpin sesi latihan sore di Stadion Persib, Jln. A. Yani Bandung, Senin (16/11).

Tujuh pemain tim nasional yang dimaksud Jaya adalah Maman Abdurahman, Nova Arianto, Hariono, Eka Ramdani, dan terkahir Budi Sudarsono (Indonesia) serta Sinthaveechai "Kosin" Hathairattanakool dan Suchao Nuchnum (Thailand). Ketujuh pemain tersebut tengah memperkuat negaranya masing-masing di babak kualifikasi Piala Asia 2011.

Menurut Jaya, buat individu pemain, pemanggilan mereka ke timnas adalah sebuah kebanggaan dan Persib pun sangat mendukung. Tapi, katanya, karena momennya kurang pas, pemanggilan tujuh pemain Persib ke timnas itu menjadi kurang menguntungkan, lantaran mengganggu persiapan menghadapi kompetisi, khususnya dalam hal mengasah kerja sama tim.

"Untuk individu pemain, sangat bagus. Tapi untuk tim, ini masalah. Karena kita akan main secara kolektif, bukan individu. Selama ini kita tidak pernah melatih kerja sama, lantaran sebagian besar pemain yang akan kita turunkan ada di tim nasional," kata Jaya.

Minta pengertian

Yang membuat Jaya kelihatan mulai gelisah, ketujuh pemain tersebut baru bisa bergabung kembali dengan rekan-rekannya di Persib pada 19 November atau dua hari menjelang laga menghadapi Pelita Jaya. Padahal seperti diakui Jaya, pertandingan melawan Pelita Jaya ini sangat penting.

"Pertandingan melawan Pelita Jaya sangat penting buat Persib. Tapi saya menghadapi kesulitan, karena kebanyakan pemain kita ada di timnas. Praktis untuk membangun kerja sama dengan pemain lainnya, mereka hanya memiliki kesempatan dalam dua sesi latihan. Meski jauh dari cukup, saya harus maksimalkan waktu yang ada untuk mengasah kerja sama tim," paparnya.

Jaya berharap, situasi sulit yang dihadapinya itu bisa dimengerti publik sepak bola Bandung. "Tujuh pemain itu hampir satu tim. Secara individu saya tidak meragukan kualitas pemain kita di timnas. Tapi secara tim saya masih sangsi. Situasi sulit inilah yang harus dimengerti semua pihak," ujarnya

www.persib-bandung.or.id

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes